Tentang Indonesia

bendera indonesia

Republik Indonesia disingkat RI atau Indonesia adalah negara di Asia Tenggara, yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.508 pulau, oleh karena itu ia disebut juga sebagai Nusantara (Kepulauan Antara). Nama Indonesia berasal dari kata dalam bahasa Yunani indo yang berarti 'India', dan nesos yang berarti 'kepulauan'. Jadi, Indonesia berarti 'kepulauan India'.

Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, meskipun secara resmi bukanlah negara Islam. Bahasa resmi negara adalah Bahasa Indonesia. Kemudian, ideologi negara adalah Pancasila. Panca adalah lima dan sila adalah dasar. Jadi, Pancasila adalah lima dasar yang menjadi ciri utama negara Republik Indonesia. Bendera negara Indonesia terdiri atas dua warna merah dan putih. Merah melambangkan keberanian dan putih melambangkan kesucian.

Bentuk Pemerintahan Indonesia

Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih langsung. Ibukota negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Kepulauan Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan panjang 5.120 km. Total wilayah indonesia adalah 1.919.440 km2. Sampai tahun 2001, pulau-pulau Indonesia berjumlah 18.110. Namun, hanya ada lima pulau besar yang menjadi pulau utama, yakni Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Ibukota Indonesia, Jakarta, berada di Pulau Jawa. Meskipun tidak besar, Pulau Bali justru lebih terkenal di dunia daripada pulau-pulau lainnya di Indonesia.

Map Indonesia Asia

Karena terletak di sekitar ekuator atau khatulistiwa, iklim di Indonesia adalh tropis. Suhu rata-rata per tahun adalah 26.8. Curah hujan di hampir semua wilayah Indonesia cukup tinggi, berkisar antara 200 cm. Hanya ada dua musim di Indonesia, yakni musim panas (April —Agustus) dan musim hujan (September — Maret).

Karena wilayah Indonesia luas, waktu di Indonesia dibagi menjadi tiga bagian waktu. Waktu Indonesia Barat (WIB) (GMT+7) meliputi Sumatera, Jawa, dan Kalimantan Barat. Waktu Indonesia Tengah (WITA) (GMT+8) meliputi Kalimantan yang bukan bagian barat, Bali, Sulawesi, dan Nusatenggara. Waktu Indonesia Timur (WIT) (GMT+9) meliputi Maluku dan Papua.

Menurut data sampai awal tahun 2004, di Indonesia ada 32 propinsi. Dari 32 propinsi, terdapat 3 propinsi yang mempunyai kategori istimewa, yakni Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). DKI Jakarta merupakan propinsi khusus yang menjadi ibukota negara. Dari aspek sejarah, DIY merupakan propinsi khusus karena gubernur propinsi ini adalah Raja Yogyakarta yang bergelar Sri Sultan Hamengku Bhuwono. Sementara itu, NAD menjadi propinsi khusus karena sejarah dan hukum syariat Islam yang ada di propinsi itu.

Indonesia adalah negara yang mempunyai tradisi religi atau agama yang cukup kuat. Ada lima agama besar di Indonesia, yakni Islam, Katolik, Protestan, Hindu, dan Buddha. Dalam beberapa tahun ini, setelah tahun 1998, Kong Hu Cu juga mulai kembali berpengaruh di Indonesia. Kebudayaan Indonesia juga bermacam-macam menurut etnisnya. Kebudayaan itu meliputi banyak hal, seperti sistem religi, hukum, arsitektur, obat-obatan, makanan, dan kesenian.

Sejarah Indonesia

Sejarah Indonesia meliputi suatu rentang waktu yang sangat panjang yang dimulai sejak zaman prasejarah berdasarkan penemuan "Manusia Jawa" yang berusia 1,7 juta tahun yang lalu. Periode sejarah Indonesia dapat dibagi menjadi lima era: Era Prakolonial, munculnya kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha serta Islam di Jawa dan Sumatera yang terutama mengandalkan perdagangan; Era Kolonial, masuknya orang-orang Eropa (terutama Belanda) yang menginginkan rempah-rempah mengakibatkan penjajahan oleh Belanda selama sekitar 3,5 abad antara awal abad ke-17 hingga pertengahan abad ke-20; Era Kemerdekaan Awal, pasca-Proklamasi Kemerdekaan Indonesia (1945) sampai jatuhnya Soekarno (1966); Era Orde Baru, 32 tahun masa pemerintahan Soeharto (1966–1998); serta Era Reformasi yang berlangsung sampai sekarang.

0 comments:

Berbagi Tips dan Info © 2011 - 2013 by Kumpulan Cara | thanks to: Google | Yahoo Indonesia | Supported by Blog Indonesia