Yang Perlu Dilakukan Usai Cabut Gigi

dokter gigi

Sebagain besar orang menganggap cabut gigi sebagai peristiwa horor karena rasa nyeri dan pencabutan yang bikin merinding. Agar cabut gigi tidak jadi mimpi buruk, lakukan hal-hal berikut usai Anda cabut gigi.

Cabut gigi harus dilakukan seksama oleh dokter gigi atau dokter bedah mulut karena operasi kecil ini berisiko tinggi mengalami komplikasi.

Maka itu dokter biasanya tidak mau mencabut gigi pasien jika seseorang memiliki infeksi. Dokter akan memberikan antibiotik terlebih dahulu untuk membantu menyembuhkan infeksi.

Sebelum mencabut gigi, dokter akan memberikan anestesi (bius) lokal di daerah gigi yang akan dicabut untuk mematikan rasa. Anestesi ini akan mencegah nyeri di seluruh tubuh, dokter mungkin akan merekomendasikan untuk tidak mengonsumsi makanan atau minuman tertentu agar tidak bereaksi dengan obat anestesi.

Setelah gigi dicabut pasien biasanya mengalami perdarahan dan pembengkakan sekitar 24-48 jam pertama setelah pencabutan gigi. Namun kondisi ini bisa diatasi dengan beberapa pengobatan yang sederhana.

Beberapa cara sederhana bisa dilakukan usai cabut gigi untuk bisa membantu mengontrol dan mengobati pembengkakan yang timbul. Jika bengkak dan nyeri tidak berkurang atau memburuk setelah lebih dari dua hari sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Cara mudah mengatasi bengkak setelah cabut gigi seperti dikutip dari Livestrong, Senin (7/2/2011) yaitu:

1. Tempatkan kasa lembab di atas luka untuk mengendalikan perdarahan setelah gigi dicabut, ganti kasa setiap 30 menit sekali atau sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan dokter.

2. Letakkan kantong es disisi luar wajah dari tempat gigi yang dicabut. Biarkan kantong es selama 10-20 menit lalu angkat dan biarkan selama 10-20 menit. Ulangi terus menerus selama 12-24 jam pertama setelah gigi dicabut.

3. Letakkan kepala dengan posisi lebih tinggi dari badan selama 12-24 jam pertama setelah cabut gigi, jika memungkinkan hal ini juga dilakukan saat tidur.

4. Letakkan kompres hangat pada daerah yang bengkak 36 jam setelah gigi dicabut.

Selain itu ada beberapa hal yang dilakukan setelah cabut gigi agar tidak memperparah kondisi yaitu:


  1. Jangan ganggu atau memegang luka yang ada, jauhkan jari dan ludah dari tempat gigi dicabut.

  2. Hindari merokok selama 72 jam setelah cabut gigi dan membuang ingus dengan keras, karena bisa menghambat proses pembekuan dan penyembuhan menjadi lebih lambat sehingga lebih bengkak.

  3. Mengonsumsi cairan dan makanan lunak setelah cabut gigi hingga 24-48 jam cabut gigi, misalnya makan puding, yogurt, kentang tumbuk, bubur dan sup.

  4. Hindari konsumsi alkohol selama minimal 48 jam setelah cabut gigi.

0 comments:

Berbagi Tips dan Info © 2011 - 2013 by Kumpulan Cara | thanks to: Google | Yahoo Indonesia | Supported by Blog Indonesia