Bulan yang Tepat untuk Liburan dan Diet

liburanAda pepatah yang mengungkapkan bahwa waktu adalah segalanya, termasuk dalam hal kesehatan. Nah, untuk berlibur dan diet juga ada waktu yang tepat untuk melakukannya. Kapan?

Akhir Februari dan awal Maret merupakan saat-saat seseorang mengalami kemerosotan psikologis dan saat-saat ini adalah waktu yang tepat untuk mengambil libur.

"Saat-saat seperti itu orang membutuhkan dorongan untuk meningkatkan suasana hati (mood) misalnya dengan melakukan liburan," kata Matius Edlund, MD, direktur Center for Circadian Medicine di Sarasota, FL seperti dilansir dari Prevention, Senin (18/10/2010).

Liburan bisa memberikan dampak yang positif bagi kesehatan yang bisa dilakukan dengan cara pergi ke pantai, gunung atau tempat-tempat lainnya yang tujuannya meninggalkan sejenak segala macam urusan pekerjaan.

Istirahat yang dilakukan ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memulihkan kondisi dirinya sendiri dan membuat tubuh merasa lebih sehat.

"Sangat penting bagi seseorang untuk melakukan rekreasi atau liburan, sebagai cara untuk menikmati hidup. Tapi ada manfaat besar yang bisa didapatkan seseorang yaitu meningkatkan kesehatan dan menghilangkan stres," ujar Karen Matthews dari University of Pittsburgh's Mind-Body Center, seperti dikutip dari NPR.org, Senin (18/10/2010).

Kesehatan seseorang akan memburuk dari waktu ke waktu jika seseorang tidak mengambil istirahat dari pekerjaan. Karenanya Matthews menyarankan semakin sering seseorang berlibur, akan membuatnya bisa hidup semakin lama.

Manfaat lain yang bisa didapatkan jika seseorang berlibur adalah dapat membantu meningkatkan kreativitas, meningkatkan produktivitas karena tubuh tidak mengalami kelelahan, dapat meningkatkan kualitas hidup dengan tingkat stres yang rendah dan pola tidur yang lebih baik, meningkatkan ikatan dengan orang-orang terdekat serta salah satu cara memberi hadiah untuk diri sendiri.

Bulan untuk diet

Sedangkan untuk menurunkan berat badan juga ada musimnya. Dan awal musim panas pada bulan Juni adalah waktu yang paling mudah untuk menurunkan berat badan.

Karena seringkali secara alami tubuh akan kehilangan berat badan ketika cuaca menghangat, hal ini karena aktivitas meningkat dan buah-buahan serta sayuran segar lebih mudah didapat.

Menurunkan berat badan memang tidak bisa dilakukan sekejap perlu kesabaran agar hasilnya maksimal dan tidak kembali melar. Jangan berpikir harus bisa menurunkan berat badan beberapa kilo tapi cukup motivasi diri untuk kurangi berat badan sebesar 1 kg. Setelah berhasil turun, ulangi motivasi tersebut sebagai target selanjutnya.

Dengan berpikir hanya turun 1 kg dan setelah tercapai lalu motivasi diri untuk turun 1 kg lagi, maka tanpa terasa lama-lama berat badan yang turun bisa jadi lebih besar dari apa yang diharapkan sebelumnya.

Intinya jumlah kalori yang masuk harus seimbang dengan kalori yang terbakar. Artinya agar ada keseimbangan energi di dalam tubuh, maka asupan makanan (energi input) harus sebanding dengan jumlah olahraganya (energi output).

Selama ini yang banyak terjadi adalah energi inputnya besar tapi tidak ada energi outputnya, sehingga timbulah obesitas.

0 comments:

Berbagi Tips dan Info © 2011 - 2013 by Kumpulan Cara | thanks to: Google | Yahoo Indonesia | Supported by Blog Indonesia