Susu Khusus untuk Tidur Malam

SusuKebiasaan minum susu sebelum tidur banyak dilakukan orang. Kini telah ada susu yang khusus diminum sebelum tidur malam yang dapat meningkatkan kualitas tidur. Susu apa itu?

Milchkristalle, yaitu sebuah perusaan yang berbasis di Munich Jerman telah mematenkan susu malam yang diambil dari seekor sapi pada malam hari.

Susu ini sudah diluncurkan di Eropa dan diklaim bisa membantu meningkatkan kualitas tidur karena mengandung hormon melatonin yang lebih tinggi.

Hormon melatonin dikenal sebagai hormon tidur yang berfungsi membantu mengatur siklus bangun dan tidur seseorang dengan cara menimbulkan rasa kantuk dan juga menurunkan suhu tubuh.

Produk susu malam (night milk) ini hanya dapat diperoleh melalui resep obat dokter saja, sehingga termasuk dalam klasifikasi sebagai obat.

Perusahaan susu ini sendiri telah melakukan pengujian terhadap susu tersebut pada 40 orang yang memiliki gangguan tidur. Hasil yang didapatkan, partisipan tersebut bisa memperbaiki pola tidurnya.

Dikutip dari The Sun, Senin (18/10/2010) produk susu ini berasal dari sapi yang diperah pada jam 2-4 dinihari. Perusahaan menjelaskan pada jam-jam tersebut hormon melatonin yang diproduksi sapi 25 kali lebih tinggi dibandingkan jumlah normal yang dihasilkan.

Namun ternyata produk ini tidak lepas dari kritikan. Ilmuwan dari majalah Gute Pillen-Schlechte Pillen menuturkan bahwa susu tersebut sebenarnya tidak lebih dari sebuah plasebo (efek semu) yang mahal.

Ilmuwan menuturkan pil melatonin berbasis non-susu mengandung hormon melatonin dua miligram lebih banyak dibandingkan dengan susu malam tersebut.

Susu memang diketahui memiliki banyak manfaat seperti bisa menetralisir racun yang masuk atau terserap oleh tubuh. Serta mengandung berbagai mineral dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh (misal iodium, zat besi, magnesium, kalsium dan vitamin B12).

0 comments:

Berbagi Tips dan Info © 2011 - 2013 by Kumpulan Cara | thanks to: Google | Yahoo Indonesia | Supported by Blog Indonesia