Pahit..Pahit..Pahit.., Biar Diabetes Menjauh

diabetesPahit..Pahit..Pahit.., Biar Diabetes Menjauh - Makanan serba manis, tinggi karbohidrat dan hidup bermalasan sangat cepat menimbun kadar gula darah yang tinggi pemicu diabetes. Jangan manjakan lidah dan tubuh karena walau terasa berat dan pahit tapi hasilnya diabetes bisa menjauh.

Diabetes mellitus (DM) atau yang sering disebut sebagai kencing manis merupakan penyakit yang serius dan tidak bisa disembuhkan.

Diabetes merupakan penyakit yang sangat serius dan bisa menjadi faktor risiko dari berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dan stroke.

Meski kebanyakan penyakit diabetes menurun dalam keluarga, gaya hidup yang sehat dapat menjadi cara mudah untuk mencegah diabetes.

Berikut beberapa cara mudah mencegah diabetes, seperti dilansir Healthmad, Selasa (5/4/2011):

1. Makan gandum utuh bukan yang terigu
Roti dan sereal gandum kaya akan serat yang dapat membuat tubuh dengan mudah menjaga kadar gula darah. Makan tiga potong roti gandum sehari bisa mengurangi risiko Anda terkena diabetes sebanyak 38 persen.

2. Ganti snack dengan buah
Makan tiga porsi apel, pir atau buah lain dalam 1 hari dapat mengurangi risiko terkena diabetes sekitar 31 persen. Itu sudah cukup untuk mengubah pra-diabetes menjadi orang yang sangat sehat.

Buah memiliki banyak serat larut serta senyawa pengontrol insulin lainnya. Tapi minum jus buah membuat serat ini akan menjadi lebih sedikit dibandingkan dengan buah utuh.

3. Matikan televisi lebih awal
Pemotong jam menonton televisi selama dua jam sehari sudah dapat mengurangi risiko masalah berat badan serta diabetes sebanyak 20 persen.

4. Minum susu tanpa lemak dan tinggi kalsium
Cara mudah lain untuk menstabilkan gula darah adalah dengan mengonsumsi kalsium dan vitamin D. Menurut sebuah penelitian, semakin banyak nutrisi kalsium dan vitamin D maka dapat mencegah datangnya diabetes hingga 20 persen untuk 20 tahun ke depan.

5. Masak dengan lemak baik
Masaklah dengan menggunakan lemak baik seperti minyak kelapa, wijen atau minyak zaitun. Dosis harian dari lemak tumbuhan ini dapat membantu penggunana glukosa oleh tubuh dengan baik, sehingga bisa mengurangi risiko wanita mengalami masalah gula darah sedikitnya 22 persen.

6. Minum kopi atau teh pahit atau dengan sedikit gula
Penelitian dari The University of Sydney menunjukkan bahwa setiap cangkir kopi yang diminum seseorang bisa mengurangi risiko diabetes hingga 7 persen. Dari enam studi yang ada, diketahui bahwa mengonsumsi 3 hingga 4 cangkir kopi sehari bisa menurunkan risiko diabetes sampai 36 persen.

Tapi ingat, minum teh atau kopi ini sebaiknya dengan kadar gula sedikit, bukan seperti kebanyakan orang Indonesia yang biasa memberikan gula terlalu banyak.

7. Makan kacang-kacangan atau sumber magnesium
Almond, kacang mete dan kacang Brazil adalah sumber utama magnesium yang dapat membantu mengurangi risiko gula darah tinggi sebesar 31 persen. Hal ini juga dapat mengurangi risiko orang terkena diabetes seumur hidup sebesar 22 persen.

Jika Anda tidak suka makan kacang-kacangan, Anda bisa makan tahu, salmon, halibut, bayam dan alpukat. Makanan ini juga merupakan sumber besar magnesium.

8. Cukup istirahat
Kurang tidur dapat membuat kadar hormon stres kortisol melambung hingga 37 persen sehingga memicu terjadinya resistensi insulin dan diabetes. Oleh karena itu, istirahatlah dengan cukup dengan 7-8 jam tidur setiap malam.

9. Olahraga teratur
Selain mengubah pola makan, Anda harus memasukkan olahraga atau latihan aerobik dalam rutinitas harian. Menurunkan berat badan juga akan membantu menghindari diabetes.

0 comments:

Berbagi Tips dan Info © 2011 - 2013 by Kumpulan Cara | thanks to: Google | Yahoo Indonesia | Supported by Blog Indonesia