Hal Paling Dicemaskan Pria Saat Menjadi Tua

Pria TuaBiasanya kaum perempuan sangat perhatian dengan proses penuaan. Tapi ternyata pria juga punya ketakutan saat menjadi tua. Setidaknya ada 3 hal yang paling membuat pria cemas ketika menjadi tua.

Banyak orang memang takut untuk menjadi tua, karena biasanya saat tersebut kondisi tubuh sudah menurun dan memiliki risiko terkena beberapa penyakit tertentu yang terkait dengan usia lanjut.

Hal ini juga berlaku pada kaum laki-laki, meskipun laki-laki tidak mengungkapkannya secara gamblang tapi tetap saja ada kecemasan yang dialaminya.

Seperti dikutip dari MSNHealth, Kamis (21/10/2010) ada 3 kecemasan yang dialami laki-laki ketika menjadi tua, yaitu:

Impotensi
Ken Robbins, profesor dari University of Wisconsin menuturkan bahwa laki-laki jauh lebih merasa khawatir tentang performa seksualnya. Ketika libidonya mulai berkurang, maka laki-laki akan merasa sangat dipermalukan dan membuat kepercayaan dirinya menjadi berkurang.

Hal ini diperkuat dengan sebuah penelitian di Inggris tahun 2008 yang menunjukkan laki-laki memikirkan seks 13 kali sehari dibandingkan perempuan yang hanya 5 kali sehari.

Kondisi impotensi ternyata jauh menakutkan bagi laki-laki dibandingkan terkena kanker atau kematian dan impotensi biasanya berhubungan dengan jaringan koroner yang abnormal, tekanan darah tinggi serta lemak dalam darah yang tinggi.

Untuk mencegahnya diharapkan laki-laki memeriksa kadar kolesterol secara teratur, karena dua pertiga laki-laki yang dideteksi memiliki serangan jantung sudah mengalami disfungsi ereksi sejak 3 tahun sebelumnya.

Kelemahan
Laki-laki selalu ingin dianggap kuat dan bisa melakukan segala hal. Karenanya menjadi tua akan membuat laki-laki berpikir kehilangan kekuatan fisik yang membuatnya tidak bisa melakukan hal-hal seperti dulu lagi. Berdasarkan survei dari American Geriatrics Society Foundation didapatkan 9 dari 10 laki-laki merasa lemah dan tergantung dengan orang lain sebagai salah satu bagian yang paling ditakuti jika menjadi tua.

Untuk mencegahnya mulailah melakukan olahraga dan mengonsumsi makanan sehat sejak masih muda. Hal ini bisa membantu menambah kekuatan dan juga melindungi kesehatan otot.

Pikun atau terkena Alzheimer
Berdasarkan penelitian dari Mayo Clinic pada September 2010 yang dimuat dalam jurnal Neurology menuturkan bahwa laki-laki lebih memungkinkan memiliki kerusakan kognitif ringan atau kadang disebut dengan pre-Alzheimer. Diperkirakan hampir 1 dari 5 laki-laki berusia 70-85 tahun mengalami kondisi mudah lupa dan demensia awal.

0 comments:

Berbagi Tips dan Info © 2011 - 2013 by Kumpulan Cara | thanks to: Google | Yahoo Indonesia | Supported by Blog Indonesia