Gosok Gigi Saat Bangun Tidur Lebih Baik daripada Usai Sarapan

sikat

Kebiasaan menggosok gigi lebih tepat dilakukan saat bangun tidur daripada sesudah sarapan pagi. Tujuannya memang bukan untuk membersihkan sisa makanan melainkan mencegah terbentuknya plak atau karang gigi.

Sedangkan usai sarapan justru tidak disarankan untuk menyikat gigi langsung karena mulut dalam kondisi asam sehingga email mudah terkikis.

Menggosok gigi usai sarapan sebaiknya tunggu sampai 25 menit setelah makan, yang mana saat itu pH mulut sudah tidak terlalu asam. Namun jika buru-buru cukup dengan berkumur atau membersihkan dengan dental floss.

Cara menyikat gigi yang tidak tepat merupakan salah satu penyebab utama gigi sensitif di Idonesia. Selain cara menggosok yang terlalu kuat dan pemilihan sikat yang terlalu keras, waktu menggosok gigi juga sering tidak tepat.

Dalam media briefing 'Sensodyne Expert Sharing' di Aula Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, Senin (20/9/2010), drg Robert Lessang, Sp.Perio mencontohkan salah satu kebiasaan menggosok gigi yang tidak tepat.

Menurutnya, kebiasaan menggosok gigi lebih tepat untuk dilakukan saat bangun tidur daripada sesudah sarapan pagi. Tujuannya memang bukan untuk membersihkan sisa makanan melainkan mencegah terbentuknya plak atau karang gigi.

"Sesudah sarapan pagi, pH di mulut turun sehingga risiko terjadinya abrasi atau pengikisan di gigi lebih tinggi. Sebaiknya jangan langsung menyikat gigi setelah makan, beri waktu setidaknya 25 menit," ungkap drg Robert.

Abrasi atau pengikisan gigi menyebabkan lapisan terluar gigi yakni enamel menipis, sehingga lapisan di bawahnya yakni dentin menjadi terbuka. Lapisan dentin ini langsung terhubung dengan syaraf sehingga sangat sensitif jika tidak terlindungi.

Bahkan jika terburu-buru, sisa makanan di gigi cukup dibersihkan dengan dental floss atau berkumur setelah sarapan. Asalkan saat bangun tidur sudah menggosok gigi, maka plak baru mulai terbentuk lagi 4-8 jam sesudahnya.

Meski demikian, gosok gigi secara teratur tetap harus dilakukan secara rutin untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi. Drg Robert menganjurkan untuk menggosok gigi sedikitnya 3 kali dalam sehari.

0 comments:

Berbagi Tips dan Info © 2011 - 2013 by Kumpulan Cara | thanks to: Google | Yahoo Indonesia | Supported by Blog Indonesia