Jus Bit Menurunkan Tekanan Darah

Jus Bit

Sebesar 25 persen populasi dewasa di dunia memiliki hipertensi atau tekanan darah tinggi dan diperkirakan angkanya menjadi 30 persen di 2025. Karenanya diharapkan ada pengobatan alami untuk mengatasi masalah ini.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan nitrat yang terdapat dalam buah bit yang di-jus bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Studi yang dilaporkan dalam US journal Hypertension menemukan bahwa tekanan darah bisa berkurang dalam waktu 24 jam pada orang yang minum jus buah bit atau mengonsumsi tablet nitrat.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada harapan untuk menggunakan cara yang lebih alami dalam menurunkan tekanan darah.

"Kami menunjukkan bahwa buah bit dan kapsul nitrat sama-sama efektif dalam menurunkan tekanan darah. Hasilnya kandungan nitrat di dalam jus bit inilah yang menjadi dasar potensi untuk menurunkan tekanan darah," ujar Profesor Amrita Ahluwalia, ahli farmaologi pembuluh darah di Barts and the London School of Medicine and Dentistry, seperti dikutip dari BBCNews, Kamis (1/7/2010).

Mekanisme kerja yang terjadi adalah kadar nitrat anorganik di dalam buah bit akan diubah menjadi gas oksida nitrat saat dimakan. Gas ini akan membuat pembuluh darah terbuka dan rileks, sehingga tekanan darah seseorang menjadi turun. Namun efek ini lebih jelas terlihat pada laki-laki dibandingkan dengan perempuan.

Mengonsumsi buah dan sayur memang baik untuk kesehatan jantung. Sayuran seperti selada serta buah bit adalah yang terbaik untuk mengurangi risiko stroke dan serangan jantung. Hal ini dikarenakan kandungan anorganik yang tinggi, yaitu nitrat yang berasal dari dalam tanah.

"Harapan yang ada adalah melakukan pendekatan melalui nitrat dalam makanan, yaitu menyarankan orang untuk mengonsumsi sayuran yang mengandung kadar nitrat tinggi," ungkap Prof Ahluwalia.

Meskipun yang digunakan dalam penelitian ini adalah buah bit, tapi hal terpenting disini adalah kandungan nitratnya. Karenanya saat ini diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui sayuran apa lagi yang bisa memberikan efek sama.

1 comments:

selimut on February 12, 2016 at 11:20 PM

baru sekarang denger nama "buah bit"

Berbagi Tips dan Info © 2011 - 2013 by Kumpulan Cara | thanks to: Google | Yahoo Indonesia | Supported by Blog Indonesia