Kapan Bau Badan Mulai Muncul?

bau badan

Semua bayi pada umumnya tidak memiliki bau badan, tapi memiliki bau yang khas atau disebut dengan 'milky'. Namun lambat laun seseorang bisa memiliki bau badan. Usia berapa bau badan seseorang mulai muncul?

Secara alami tubuh manusia memiliki 2,6 juta kelenjar keringat yang mengeluarkan keringat setiap harinya. Jika seseorang melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga, maka keringat yang dikeluarkan akan lebih banyak. Bau badan yang dikeluarkan oleh keringat disebut dengan bromhidrosis.

Seperti dikutip dari Howstuffworks, Minggu (29/8/2010) tidak sepenuhnya keringat menyebabkan bau badan, karena bakteri yang hidup di kulit seseorang juga berperan terhadap timbulnya bau badan. Bakteri yang berperan dalam hal bau badan ini mulai diproduksi dan muncul setelah seseorang memasuki usia pubertas.

Usia pubertas setiap orang berbeda-beda antara laki-laki dan perempuan, serta diduga juga dipengaruhi oleh ras. Pubertas pada anak perempuan biasanya dimulai antara usia 9 -13 tahun, sedangkan pubertas pada anak laki-laki terjadi antara usia 10-14 tahun.

Tubuh manusia memiliki dua kelenjar keringat, yaitu kelenjar keringat eccrine dan juga kelenjar keringat apocrine.

Kelenjar keringat eccrine
Kelenjar keringat ini sebagian besar mengandung air dan garam serta merupakan bagian dari sistem pengkondisian udara tubuh, seperti penguapan untuk menjaga tubuh tetap dingin. Tubuh bayi harus tetap dingin, sehingga kelenjar ini sudah mulai bekerja jauh sebelum anak-anak mencapai pubertas.

Kelenjar keringat apocrine
Kelenjar keringat ini berada di akar rambut dan mengandung asam lemak, protein serta lebih tebal dibandingkan dengan kelenjar keringat eccrine. Kelenjar ini tidak dikeluarkan untuk mendinginkan tubuh, tapi dikeluarkan ketika seseorang merasa di bawah tekanan (stres emosional, stres fisik dan juga gairah seksual). Selain itu kelenjar ini bisa menimbulkan bau, dan belum bekerja jika seseorang belum mencapai pubertas.

Bakteri di tubuh akan tertarik dengan asam lemak dan protein pada keringat yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat apocrine. Selama bakteri memproses zat ini, maka bakteri akan menghasilkan produk sampingan yang menyebabkan bau badan.

Cara untuk menghilangkan bau diusahakan tidak menggunakan produk deodoran yang tidak sehat, tapi membersihkan diri dari asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Dengan kata lain jika ketiak memiliki bau yang tidak sedap, mengindikasikan bahwa tubuh membutuhkan makanan yang bisa memperbaiki.

Salah satu makanan yang bisa menimbulkan bau ketiak adalah daging merah yang merupakan penyebab nomor satu bau ketiak, selain itu juga ada makanan junk food atau makanan siap saji.

1 comments:

Kesehatan88.com on May 31, 2016 at 7:44 PM

Memang sangat tidak enak mempunyai bau badan, apa lagi sedang kumpul, rapat, atau ketemu orang, pasti kurang pede, lah kita sendiri saja kadang merasa bau.. hehehe.. tapi masalah tersebut karena keringat yang keluar dan muncullah bau badan. Jadi, biar ga bau badan, jaga kondisi badan tetap adem.. :D

Berbagi Tips dan Info © 2011 - 2013 by Kumpulan Cara | thanks to: Google | Yahoo Indonesia | Supported by Blog Indonesia