Mencegah Mabuk Laut

mabuk laut

Saat-saat tertentu kadang orang harus menggunakan kapal laut atau perahu. Kondisi ini tidak akan semudah yang dibayangkan jika memiliki mabuk laut. Bagaimana cara mencegahnya?

Ada dua gejala dari mabuk laut yaitu merasa pusing dan mual. Sejumlah faktor bisa berkontribusi terhadap kondisi ini. Mabuk laut terjadi karena adanya konflik antar indera di tubuh manusia.

Sebuah saluran berisi cairan di telinga bagian yang bertugas mengontrol rasa keseimbangan akan memberitahu otak bahwa tubuh sedang bergerak.

Sementara indera penglihatan mata yang melihat seisi kabin memberitahu otak bahwa tidak ada pergerakan. Konflik antara kedua indera tersebut menyebabkan tubuh menjadi tidak seimbang dan mempengaruhi sistem pencernaan.

Beberapa orang bisa menoleransi ketidakseimbangan tersebut, tapi bagi orang lain hal ini mungkin bisa sangat menyiksa. Karenanya cara pencegahan untuk setiap orang bisa saja berbeda satu dengan yang lainnya.

Dikutip dari eHow, Sabtu (24/7/2010) ada beberapa langkah yang dilakukan seseorang agar terhindar dari mabuk laut, yaitu:


  1. Cobalah untuk mengonsumsi jahe 12-24 jam sebelum melakukan perjalanan, jahe yang dikonsumsi bisa dimasukkan ke dalam minuman atau makanan seperti roti. Selain itu mengemil jahe beberapa jam sebelum perjalanan juga bisa membantu.

  2. Mengonsumsi air yang cukup sebelum perjalanan. Menjaga tubuh agar tetap hidrasi bisa membuat seseorang terhindar dari mabuk laut, selain itu hindari konsumsi alkohol dan kopi karena bisa menyebabkan dehidrasi.

  3. Mengemil roti atau oatmeal satu jam sebelum berangkat bisa membantu, karena beberapa ahli mengungkapkan tidak membiarkan perut kosong atau terlalu kenyang akan mengurangi mabuk laut. Usahakan untuk bangun lebih awal sehingga bisa makan dengan santai dan memberikan waktu pada perut untuk mencerna dengan baik.

  4. Usahakan untuk duduk di bangku barisan tengah, serta hindari bangku di belakang.

  5. Cobalah untuk mengambil napas dalam-dalam serta fokus pada horison dan bukan pada gelombang atau obyek yang bergerak.

  6. Mengisap permen lemon yang keras saat perahu mulai bergerak dapat membantu menjaga agar perut tidak mual.

  7. Usahakan untuk istirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan, karena keletihan dan kelelahan bisa membuat seseorang lebih rentan terkena mabuk laut.

  8. Hindari mengonsumsi makanan yang berminyak atau asam beberapa jam sebelum perjalanan, karena makanan yang asam akan lambat dicerna sehingga tertumpuk di perut. Sedangkan kombinasi antara makanan berminyak dan asam akan membahayakan sistem pencernaan.

  9. Jika mulai merasakan mual, cobalah berdiri dan melihat keluar. Usahakan untuk tidak duduk atau menunduk, karena akan membuat kondisi semakin buruk.

0 comments:

Berbagi Tips dan Info © 2011 - 2013 by Kumpulan Cara | thanks to: Google | Yahoo Indonesia | Supported by Blog Indonesia