Manfaat Pijat Bokong

bokong

Selama ini masyarakat lebih banyak melakukan pijatan pada seluruh bagian tubuh dan tidak memfokuskan pada bagian bokong. Padahal ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika seseorang melakukan pijat bokong (butt massage).

Otot-otot yang terdapat di bokong merupakan kelompok otot yang sangat penting, karena otot ini berperan setiap kali seseorang mengambil langkah. Kelompok otot ini terdiri dari gluteus maximus, gluteus medius dan gluteus minimus.

Hanya sedikit gerakan tubuh yang dapat dilakukan tanpa menggunakan otot-otot glutealis. Kebanyakan orang menghabiskan waktunya dengan duduk, hal ini tentu saja memberikan tegangan yang konstan pada otot glutealis.

Otot glutealis yang ketat atau terjepit bisa menjadi penyebab nyeri pinggang, rasa sakit dan kekakuan di seluruh kaki serta pinggul.

Salah satu cara untuk membantu meringankan rasa sakit dan ketegangan otot glutealis yang terkait dengan keketatan otot adalah melalui pijat bokong.

Seperti dikutip dari Livestrong, Kamis (8/7/2010) ada beberapa efek manfaat lain yang bisa didapat bagi tubuh, yaitu:

Mengurangi nyeri dan stres
Pijat bokong tidak hanya menghilangkan rasa sakit dan stres pada otot glutealis saja, tapi memberikan manfaat yang sama untuk keseluruhan bagian tubuh. Hal ini karena pemijatan yang dilakukan menghasilkan perubahan zat kimia ke seluruh tubuh.

Meningkatkan sirkulasi darah dan getah bening
Daerah glutealis kaya akan darah dan pembuluh getah bening, sehingga terapi pijat ini juga membantu peredaran darah yang membawa oksigen serta nutrisi ke jaringan dan sistem getah bening membawa sel-sel darah putih serta antibodi ke seluruh tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu gerakan membelai yang dilakukan selama pemijatan juga membantu melebarkan pembuluh darah dan pembuluh getah bening yang membuat transportasi nutrisi ke seluruh tubuh menjadi lebih besar.

Meningkatkan pemulihan otot

Otot glutealis adalah inti dari setiap gerakan, karenanya otot ini cenderung mengalami tekanan dan timbul rasa sakit setelah latihan.

Melakukan pijat bokong bisa membantu meningkatkan waktu pemulihan otot setelah terjadi kerusakan akibat latihan. Selain itu juga meningkatkan permeabilitas jaringan serta meregangkan serat otot yang kaku. Kondisi ini memungkinkan pemulihan otot yang lebih lengkap dan cepat.

0 comments:

Berbagi Tips dan Info © 2011 - 2013 by Kumpulan Cara | thanks to: Google | Yahoo Indonesia | Supported by Blog Indonesia