Bagaimana Kentang Bisa Bikin Langsing?

kentang

Untuk menurunkan berat badan, banyak orang memakai diet kentang sebagai sumber karbohidratnya. Bagaimana cara kerja kentang hingga bisa bikin langsing badan?

Kentang merupakan sumber antioksidan yang banyak memberikan manfaat kesehatan. Kentang adalah karbohidrat kompleks yang bisa membuat orang kenyang tanpa adanya bahaya diabetes. Makan kentang juga bisa bikin langsing.

Berdasarkan penelitian yang baru saja dirilis oleh University of California dan National Center for Food Safety and Technology, Illinois Institute of Technology, menunjukkan bahwa seseorang yang teratur makan kentang dapat menurunkan berat badannya.

"Hasil studi ini menegaskan apa yang sudah disampaikan oleh para profesional kesehatan dan ahli gizi selama bertahun-tahun. Kentang dapat menurunkan berat badan bukan dengan menghilangkan jumlah makanannya, tetapi mengurangi kalori yang tidak diperlukan," jelas Dr Burton -Freeman Britt, pemimpin penelitian dari University of California, seperti dilansir dari Medindia, Jumat (15/10/2010).

Peneliti mempelajari 86 pria dan wanita yang memiliki berat badan berlebih, selama 12 minggu lebih untuk mengukur efek dari modifikasi diet indeks glikemik untuk mengurangi kalori dengan penambahan kentang.

Partisipan secara acak dibagi menjadi tiga kelompok dan masing-masing harus melakukan diet yang mencakup 5-7 porsi kentang per minggu. Hasilnya menunjukkan bahwa ketiga kelompok semuanya mengalami penurunan berat badan yang cukup signifikan.

Apa rahasia pada kentang?

Dr Britt menjelaskan, satu buah kentang ukuran medium (5,3 ons) hanya mengandung 110 kalori per porsi juga menawarkan lebih banyak kalium (620 gr) ketimbang pisang.

Kentang juga menyediakan hampir setengah dari kebutuhan vitamin C harian (45 persen), tidak mengandung sodium, lemak atau kolesterol.

Karena unsur-unsur inilah yang membuat si pemakan kentang jadi bebas lemak. Tapi ingat ini untukng kentang yang direbus, dikukus atau dipanggang lho.

Karena walaupun kentang bebas lemak dan baik untuk kesehatan, dia berubah menjadi jahat saat disajikan dalam bentuk kentang goreng dan keripik.

"Selama beberapa tahun terakhir kentang sering dituding dapat meningkatkan berat badan jika sudah disajikan dalam bentuk kentang goreng. Tapi sekarang kita menyadari bahwa kentang memainkan peranan penting untuk mendapatkan berat badan yang sehat bila diolah dengan benar," ungkap Kathleen Triou, wakil presiden pemasaran dalam negeri untuk United States Potato Board (USPB).

Penelitian ini telah dipresentasikan pada Obesity Society's 28th Annual Scientific Meeting pada tanggal 8-12 Oktober 2010 lalu

0 comments:

Berbagi Tips dan Info © 2011 - 2013 by Kumpulan Cara | thanks to: Google | Yahoo Indonesia | Supported by Blog Indonesia