Bersahabat dengan Lemak Sehat

ikan omega 3

Tidak selamanya lemak itu jahat. Lemak memang salah satu penyebab obesitas dan penyakit kardiovaskular lainnya, tapi lemak juga dibutuhkan tubuh terutama lemak sehat seperti omega 3. Kekurangan lemak tersebut justru memicu sejumlah penyakit.

Anda yang kurang mengkonsumsi lemak sehat (omega 3) dari ikan, suplemen dan berbagai produk tumbuhan atau sayuran dan susu, berarti Anda melewatkan cara efektif mencegah serentetan penyakit.

Berikut ini alasan mengapa Anda harus menyukai, mengonsumsi dan cara mendapatkan lemak 'sehat' tersebut seperti dilansir dari health.

1. Melawan penyakit
Para peneliti dari University of Pittsburgh Medical Center menemukan bahwa sepertiga pasien penderita sakit leher dan punggung berhenti menggunakan obat anti nyeri setelah mengonsumsi pil minyak ikan yang mengandung omega 3 selama 20-30 hari. Fakta ini menunjukkan bahwa Omega 3 ternyata mampu melawan peradangan. Untuk mendapatkan Omega 3 tidak selalu harus dalam bentuk pil, omega-3 banyak terdapat pada ikan laut (salmon, mackerel, herring) dan ikan air tawar.

2. Tetap langsing
Douglas Bibus, PhD., seorang peneliti omega-3 dari University of Minnesota’s Academic Health Center mengatakan omega-3 dapat menstabilkan mood atau perasaan kita. Hal ini dapat mengontrol keinginan seseorang untuk makan berlebih, yang akhirnya dapat membuatnya tetap langsing dan sehat.

Bibus merekomendasikan untuk mengonsumsi high-quality supplement selama 30 hari. Apabila tidak merasakan perbedaan, tambahlah dosisnya.secara bertahap.

3. Memicu perasaan senang
Bentuk lain dari omega-3 adalah DHA yang menyusun 25% dari lemak otak kita serta mengatur produksi dan aliran hormon serotonin, yaitu hormon yang memicu zat kimia yang membuat perasaan senang. Hal ini menunjukkan bahwa orang yang depresi kemungkinan DHA-nya kurang.

"Penelitian membuktikan bahwa suplement DHA sangat efektif sebagai obat alternatif antidepresi," ujar David Perlmutter, MD, pengarang dari 'The Better Brain Book' dan ahli keterkaitan nutrisi dan penyakit saraf.

Tapi sebaiknya jangan langsung percaya pada semua suplemen yang ada di pasaran, mintalah saran dari dokter atau ahli tentang suplement omega-3 yg bagus untuk Anda.

4. Membantu mengurangi asma
Omega-3 dapat membantu mengurangi asma. Penelitian terbaru dari Indiana University menyimpulkan bahwa pasien yang mengonsumsi suplemen minyak-ikan lebih baik dari orang yang tidak mengonsumsi dalam mengendalikan suatu simptom atau gejala asma. Mengonsumsi suplemen adalah langkah terbaik jika tidak bisa mendapatkannya lewat makanan.

5. Menjaga jantung tetap sehat
Omega-3 diketahui dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi penggumpalan darah dan juga menyembuhkan diabetes. Bibus menjelaskan bahwa diabetes mempunyai komponen peradangan yang kuat yang dapat menyebabkan risiko penyakit jantung lebih besar. Omega-3 akan membantu menurunkan gula darah, yang merupakan kunci menghindari diabetes.

Banyak makan sayuran sepert bayam, kedelai, kenari, dan buah alpukat dapat membantu menambah asupan Omega 3 bagi tubuh. Peneliti dari Harvard Medical School mengatakan, produk-produk itu mempunyai bentuk omega-3 yang disebut ALA yg bisa mencegah penyakit jantung. Disarankan juga untuk tetap mengonsumsi ikan-ikanan dua kali seminggu.(detikhealth)

0 comments:

Berbagi Tips dan Info © 2011 - 2013 by Kumpulan Cara | thanks to: Google | Yahoo Indonesia | Supported by Blog Indonesia