Herbal untuk Obati Gigi Sensitif

gigi

Gigi sering terasa ngilu bisa pertanda Anda mengalami gigi sensitif. Hal ini tidak boleh diabaikan, gigi sensitif bisa menyebabkan gigi meradang, tak bisa dipulihkan dan akhirnya kematian gigi. Beberapa tanaman herbal dapat membantu mengatasinya.

Gigi sensitif merupakan istilah umum yang dipakai untuk menunjukkan adanya dentine hypersensitive (DH) yaitu terbukanya dentin akibat menipisnya email dan atau turunnya gusi.

Berbagai tumbuhan dapat berguna untuk gigi dan gusi. Herbal dapat membunuh atau menghambat bakteri berbahaya di dalam mulut yang menyebabkan plak terbentuk pada gigi dan mengarah pada perkembangan penyakit gusi, termasuk gigi sensitif.

Dilansir Livestrong, Rabu (22/12/2010), berikut beberapa herbal yang dapat membantu mengurangi gigi sensitif:

1. Teh hijau
Teh hijau dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan radang gusi. Teh hijau mengandung senyawa yang dapat membantu menekan bakteri berbahaya di dalam mulut yang bertanggung jawab untuk pembentukan plak, yang menyebabkan kerusakan gigi, serta penyakit gusi atau radang gusi.

Teh hijau juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dan jaringan mulut dari kerusakan akibat radikal bebas dan vitamin C yang melindungi gusi.

Berkumurkan dengan teh hijau menjelang tidur untuk mengurangi plak dan bakteri.

2. Nimba
Nimba adalah ramuan Ayurvedic antimikroba yang dapat memerangi plak gigi dan penyakit periodontal bila diterapkan pada gigi dan gusi. Menurut PeaceHealth.org, penggunaan 1 gr ekstrak daun nimba 2 kali per hari adalah pengobatan yang efektif untuk mencegah dan mengobati penyakit gigi dan gusi, yang juga menghilangkan sumber sensitivitas gigi.

3. Echinacea dan chamomile
Echinacea dan chamomile menawarkan anti-inflamasi dan antimikroba yang dapat membantu untuk mengobati radang gusi, serta gigi sensitif.

Percobaan klinis menemukan bahwa menggunakan obat kumur yang mengandung echinacea, mur, chamomile, sage, mint dan ratania lebih efektif daripada obat kumur komersial untuk mengurangi peradangan pada gusi karena gingivitis, serta membantu mengurangi sensitivitas gigi.

0 comments:

Berbagi Tips dan Info © 2011 - 2013 by Kumpulan Cara | thanks to: Google | Yahoo Indonesia | Supported by Blog Indonesia