Kenapa Menikah Itu Lebih Sehat Dibanding Melajang?

menikah

Pernikahan adalah sesuatu yang baik dan bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh dan kesehatan. Kenapa menikah lebih sehat dibandingkan dengan hidup sendiri atau melajang?

Penelitian mengenai hubungan antara pernikahan dan kesehatan sebenarnya sudah dilakukan sejak awal tahun 1858 yang dilakukan oleh William Farr, ahli epidemiologi dari Inggris.

Menikah tidak hanya memiliki keuntungan bisa hidup bersama, tapi ada banyak manfaat lain yang bisa didapat dibandingkan dengan hidup melajang, seperti dikutip dari Psychologytoday.com, Jumat (29/4/2011) yaitu:

Memberikan gambaran keuangan yang lebih baik
Menikah bisa membuat seseorang memiliki rincian keuangan yang jelas dan terarah serta bisa menghemat pengeluaran karena bisa saling berbagi. Selain itu keduanya akan memiliki dukungan emosional yang kuat ketika salah satu bermasalah dengan keuangannya.

Memiliki hidup yang lebih lama
Orang yang menikah diketahui memiliki hidup yang lebih lama, laki-laki lajang memiliki tingkat kematian 25 persen lebih tinggi sedangkan perempuan lajang memiliki tingkat kematian 50 persen lebih tinggi. Dan orang yang memiliki pasangan bisa menurunkan risiko meninggal akibat kanker sebesar 10 persen.

Selain itu menikah juga bisa membuat seseorang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik, dapat memonitor tekanan darah dan kolesterolnya secara lebih baik yang memungkinkannya kurang berisiko terkena penyakit. Serta cenderung lebih sedikit terlibat dalam perilaku berisiko seperti mengonsumsi alkohol dan juga tidak merawat diri.

Memiliki kesehatan mental yang lebih baik
Orang yang menikah memiliki tingkat depresi dan stres yang lebih rendah dan sekitar 40 persen mengaku sangat bahagia dengan kehidupannya dibandingkan dengan orang yang melajang. Hal ini dikarenakan adanya dukungan dari pasangan dan teman untuk berbagi sehingga masalah yang dihadapinya terasa lebih ringan.

Menikah juga bisa meningkatkan harga diri, kepercayaan diri yang diimbangi dengan mengurangi kecemasan dan depresi. Akibatnya hormon kortisol (hormon stres) yang lebih rendah membuatnya terhindar dari penyakit jantung atau kardiovaskular lainnya.

Kehidupan seks yang lebih baik
Sekitar 40 persen orang yang sudah menikah akan melakukan hubungan seks 2 kali seminggu dibandingkan dengan orang yang melajang atau hanya tinggal bersama, serta 40 persen pasangan memiliki kehidupan seks yang secara fisik dan emosional memuaskan.

0 comments:

Berbagi Tips dan Info © 2011 - 2013 by Kumpulan Cara | thanks to: Google | Yahoo Indonesia | Supported by Blog Indonesia