Cara Berhenti Merokok yang Tidak Biasa

berhenti rokok

Berhenti merokok memang tak mudah, apalagi jika Anda adalah perokok berat. Tapi bagi orang yang sudah menyadari bahaya merokok, segala cara akan dilakukan untuk menghentikan kebiasaannya, meskipun dengan cara yang tidak biasa.

Dilansir dari WebMD, Senin (30/8/2010), berikut beberapa cara aneh yang dilakukan perokok untuk dapat berhenti merokok:

Cinta ibu

Salah satu orang yang melakukannya adalah Sandi Sedberry, seorang ibu usia 44 tahun asal Rock Hill, SC. Sedberry merokok selama 26 tahun. November 2009, ketika ia menemukan bahwa putranya Ricky (19 tahun) mempunyai kebiasaan merokok, ia termotivasi untuk berubah.

"Kami membuat perjanjian bersama untuk berubah. Tak ada paksaan, tak ada hipnotis, saya hanya berusaha untuk memastikan anak saya tidak memiliki kebiasaan buruk juga," ujar Sandi Sedberry.

Sedberry membeli permen karet dan ia berusaha untuk tidak merokok selama 2 bulan. Meski sulit, tapi ia berhasil. Ricky pun berhasil berhenti merokok.

Tantangan di tempat kerja

Melissa Gold, wanita usia 34 tahun asal Washington, berhenti merokok pada tahun 2001. Ia bisa berhenti karena bisa menaklukkan tantangan dari bosnya.

Tantangannya adalah perokok yang tidak merokok akan mendapat 5 dolar (sekitar Rp 45 ribu) per hari, yaitu seharga sebungkus rokok di Washington. Uang itu dibayarkan di luar uang gaji bulanan dan disimpan dalam dana berhenti merokok selama 6 bulan.

Bos di tempat kerja Gold juga membayar apapun yang karyawannya butuhkan untuk dapat berhenti merokok, seperti biaya akupuntur rokok atau membeli permen karet penghilang kecanduan nikotin.

Vitamin dan mantra

Susan Brannan, wanita 33 tahun asal Rochester, berhenti merokok dengan menggunakan permen isap vitamin C dan membaca mantra yang ditemukannya secara online (NOPE- Not One Puff Ever).

Brannan pernah mencoba berhenti merokok dengan pelega tenggorokan, tetapi ia tidak menyukai rasanya. Ia lalu berpikir menggunakan permen karet, tetapi khawatir dengan perawatan giginya.

Akhirnya, ia memutuskan menggunakan permen isap vitamin C karena ia menyukai rasa jeruk. Selain itu, mantra-mantra digunakannya untuk menyemangati diri sendiri agar bisa tergoda dari godaan rokok.

Mencari hobi baru

Beberapa orang perokok mungkin telah mencoba mengganti rokok dengan kegiatan lain. Reeve McNamara dari Atlanta menghabiskan bertahun-tahun untuk mencoba berhenti dan menemukan satu-satunya cara yang berhasil adalah lari. McNamara tak lagi merokok, ia bahkan sekarang kecanduan untuk melakukan olahraga lagi.

"Orang-orang selalu bertanya padaku, seberapa jauh saya akan berlari. Jawabannya adalah sampai saya tidak ingin merokok, dimulai dari hanya beberapa kilometer," ujar McNamara.

Cara militer

Robert Brown, pria usia 46 tahun, direktur website How Quit, membuat model program penghentian merokok setelah ia pensiun dari marinir.

"Saya telah menemukan bahwa berhenti merokok tidak terlalu sulit ketika Anda percaya Anda bisa melakukannya. Sebagai mantan marinir, saya memiliki kepercayaan diri dan tahu bahwa saya bisa melakukannya sendiri. Tetapi ada ribuan, bahkan jutaan perokok yang bukan mantan militer dan membutuhkan bantuan untuk berhenti," ujar Brown.

Brown mengkombinasikan teknik efektif dengan strategi boot-camp (tempat latihan calon pelaut) untuk merancang program yang dapat diikuti orang lain dengan sukses.

Prinsipnya seperti membuang semua peralatan merokok, menggunakan sistem buddy (memperbanyak sahabat), menyibukkan diri dengan aktivitas dan latihan serta mengandalkan semangat tim untuk dapat berhenti merokok.

1 comments:

RUDI ANDRIAN on August 28, 2013 at 1:19 PM

MAAF PEMBACA .....
MEROKOK ADALAH SALAH SATU KEBODOHAN ! KENAPA ??
ANDA DISURUH MENCICIL UNTUK MEMBELI SEBUAH KAPLING KUBUR UKURAN 1X2 YANG PALING MEWAH DIDUNIA. BAYANGKAN CICILAN 10 RIBU PERHARI DAN KALAU SUDAH MENDEKATI LUNAS ANDA MENDAPATKAN BONUS BERBAGAI MACAM PENYAKIT TERMASUK KANKER, DISAMPING BONUS HARIAN NAFAS SESAK, BAU MULUT, GIGI COKELAT.
JIKA ANDA SETUJU MENJADI TUMBAL MAKA PENGUSAHA ROKOK AKAN SEMAKIN KAYA RAYA

BERBAGI TIPS :

Berhenti merokok sebenarnya bukan suatu yang sulit, asal anda punya tekad untuk mengakhiri maka semua akan berjalan sesuai harapan. Saya berhenti merokok sejak 10 tahun yang lalu setelah berkali2 mencoba berhenti dan gagal. Tekad yang kuat harus ditumbuhkan dengan cara bertanya pada diri sendiri : * apa sih kegunaan dan keuntungan merokok bagi saya ? - jawaban pasti : "tidak ada", * apa sih kenikmatan merokok itu , terutama sehabis makan atau merokok sembari minum kopi ? jawabannya : " MEMANG NIKMAT" apalagi setelah makan, tetapi teruskan dengan pertanyaan : " MENGAPA MEROKOK ITU TERASA NIKMAT ? jawaban inilah yang saya cari sampai berbulan-bulan.... dan akhirnya kutemukan jawabannya : "KARENA KITA TELAH KECANDUAN, COBA KALAU KITA TIDAK KECANDUAN, ADA ORANG DIDEKAT KITA MEROKOK SAJA KITA SUDAH MENYINGKIR ! Dari situlah tekad untuk berhenti merokok muncul dan saya habiskan sisa rokok pada malam hari itu sambil menuliskan pada sebuah kertas : "STOP SMOKING" TANGGAL 10 JANUARY 2003 JAM 11.25 WIB" lalu saya tanda tangani sebagai bentuk komitmen saya pada diri saya sendiri dan kertas kemudian saya selipkan dibalik kaca meja. Kemudian semua atribut yang berbau rokok seperti asbak, korek api saya buang ketempat sampah, sejak itu saya memproklamirkan tidak merokok dan tidak mencoba2 lagi merokok, alhamdullilah, sampai sekarang sudah 10 tahun lebih saya bebas dari rokok....

Berbagi Tips dan Info © 2011 - 2013 by Kumpulan Cara | thanks to: Google | Yahoo Indonesia | Supported by Blog Indonesia